13.8.12

Drama ASI : Part 5 – Bulan Ketiga Sampai Keenam

So, what happen was.. ketika Rania berusia 2 bulan, saya dan the husband bicara serius tentang opsi – opsi yang akan dilakukan kalau mau memberi Rania ASI eksklusif – dengan posisi ketika itu bisa dibilang tidak ada stok ASIP. Ada 2 opsi  :
  1. Mengambil cuti di luar tanggungan (artinya tidak digaji) selama 1 tahun
  2. Resign alias mengundurkan diri

Saya sempat sangat berat hati jika sampai harus ambil opsi yang kedua. Kalau mau jujur, secara hitung – hitungan finansial, kami berdua harus tetap bekerja. Tapi the husband kept encouraging kalau tidak apa – apa. I remember he said ‘Cmon, Yut. What are you afraid of ? Kan ini ga permanen. Setelah 1 tahun, go ahead, cari kerja lagi. Insyaallah, cari kerjaan ga sulit dengan pengalaman yang kamu punya. This (giving ASI)  is our priority’

Oke. Istri solehah nurut sama suami

Tapi tentu kami coba opsi pertama dulu. Sehingga saya, the husband, Rania datang ke kantor saya menemui kepala unit kerja, berbekal :
  • surat dari 2 dokter yang menyatakan saya harus mendampingi anak yang sementara divonis gagal tumbuh
  • form cuti luar tanggungan
  • surat yang melatarbelakangi saya ambil cuti luar tanggungan.
Beliau jawab akan mengurus cuti luar tanggungan yang tidak lazim ini ke kantor pusat.

Tapi minggu demi minggu berlalu, saya belum juga dapat jawaban. The clock is ticking. Dan saya pun stress. Sehingga, as I previously mentioned, hal tersebut mempengaruhi hasil pompaan ASI. Yang tadinya sudah bisa sampai 120ml, drop jadi 20ml maksimal 40ml. Nyesek dulu yuk..

Dua hari menjelang saya harus masuk kantor, saya telpon atasan untuk mengetahui jawaban bahwa cuti di luar tanggungan yang diajukan… tidak disetujui.

Kemudian saya telpon the husband (iyaaa.. sambil nangiiissss…) untuk berdiskusi kembali. Dan kemudian ternyata ada opsi 1.b. Opsi nekat yang layak untuk dicoba sebelum saya menyerah pada opsi resign.

Opsi itu adalah : membawa Rania ke kantor

The husband dengan percaya diri bilang ‘Coba.. Ada? Peraturan kantor yang menyatakan ke kantor ga boleh bawa anak? Ga ada kan? Sekarang tinggal cari baby sitter, supaya ada yang pegang Rania selama kamu kerja’ .

…..

Di hari pertama saya masuk kerja.
Saya berangkat dengan Rania, kakak saya, sepupu saya
Lengkap bawa diaper bag
Lengkap bawa dari bouncer sampai kasur lipat bayi
Dan tentu saja, saya langsung dipanggil menghadap kepala unit kerja

Kemudian, beliau cerita tentang bagaimana sudah mengajukan form cuti saya, namun memang keputusannya tidak bisa. Kemudian beliau berkata sekarang keputusannya ada di saya. Tapi alangkah sayang kalau saya sampai resign.

Yang saya jawab, ‘Pak, saya memang tidak ada niat resign kerja.’ Yang langsung beliau potong ‘Bagus itu, Yut’ yada yada yada..

Saya lupa karena saya sedang mengumpulkan segenap keberanian bin kenekatan untuk gantian memotong ‘Iya, Pak. Saya terima keputusan bahwa permohonan cuti di luar tanggungan tidak disetujui. Dan saya memang ingin tetap bekerja. Maaf saya harus sampai ke poin ini bicaranya. Tapi apakah Bapak tahu, bahwa hak ibu menyusui itu dilindungi undang undang. Dan hukumnya adalah pidana. Sehingga dengan ini saya akan masuk kerja dengan membawa Rania setiap hari’

Kemudian ruangan hening.

Kemudian beliau tanya ‘berapa lama kamu bawa anak kamu ?’

‘Haknya atas ASI eksklusif adalah selama 6 bulan. Itu berarti sampai 1 Januari. Tapi saya mohon diundur sampai akhir Januari agar ada masa transisi Rania ditinggal di rumah’

Ruangan kembali hening.

It was..

The longest

Pause

I have ever experienced


Kemudian terucaplah ‘Oke lah. Bawa lah anak kamu ke kantor.’

Alhamdulillah
Apapun yang terjadi, kami sekeluarga selamanya berterima kasih kepada keputusan beliau.

……

Jadi begitulah..


Saya, Rania, baby sitter handal bernama Mbak Sri (yang saya baru cari dan langsung dapat 2 hari setelah saya masuk) tiap hari ke kantor selama hampir 4 bulan (1 November was the very 1st day saya ‘berpisah’ dengan Rania karena cukup stok ASIP di rumah).

Rania sebelum pindah ke cubicle kosong di sebelah. Lagian seringnya bobo gendong kok =)


Yaaa… pantes lah sukses ASI eksklusif.. Anaknya dibawa. *sudzon
Believe me, it was not that easy :
  • Saya tidak bisa menyetir. Lagipula, kalau masuk mobil, Rania bawaannya mau nyusu terus. Jadi selama 4 bulan itu, kami pergi pulang naik taxi. Rumah saya di daerah Kebayoran Lama, sementara kantor saya di daerah Kota. Ujung mentok halte Transjakarta. Yang di Jakarta mungkin bisa kebayang macetnya. Ongkos taksinya. Prinsip saya waktu itu. Ga usah dilihat itu argo. Bayar bayar aja. Insyaallah cukup. Insyaallah ada rejeki. Benar. Entah bagaimana, cukup gaji saya buat bayar taksi dan makan siang 2 orang (saya dan BS) di kantor. Taksinya pun.. yang pagi bisa lah langganan. Nah, kalau sore, ya untung – untungan. Kadang cepat. Tapi kadang juga lama baru dapat. Sempat sekitar 3 – 5 kali, ketika pulang, hujan cukup deras. Mau nangis deh bawaannya.
  • Resiko bawa bayi ke kantor. Temen – temen kantor sih suka ada Rania. Tiap butek kerjaan, pasti mampir ke cubicle saya untuk main dengan Rania dan kecewa kalau Rania tidur. Resikonya ya.. namapun jadi mainan teman, ada kalanya Rania cape *pasang taring, sampai ya.. harus ikhlas ketika Rania sakit di usia 5 bulan.
  • It is. No matter what. An office. I had trouble juggling among work, nyusui Rania, mompa. Saya harus menebalkan kuping tiap pulang tepat waktu, yang somehow.. jarang orang di kantor pulang tepat waktu =) Still, - I won’t lie - I find it hard and tiring. Manalagi dengan seluruh peralatan yang saya bawa. Apalagi ketika sudah masuk masa MPASI, tambahan lagi peralatan yang harus dibawa
  • Malam dan subuh saya tetap tidak bisa pumping. Rania kembali bangun – bangun terus tiap malam. Saya berusaha tenang. I remember I said to myself ‘Cmon, Yut. Yang kamu mau kan kamu bisa nyusui Rania. Rania dapat ASI. Memang jalannya mesti gini. Memang kamu ga bisa pompa malam dan subuh. Allah akan kasih cobaan semampu umatnya. Dia tahu kamu perlu istirahat malam biar ga ambruk’. Ya sudah. Saya pasrah hanya bisa mompa siang.
  • breastfeeding tiiime
  • And as lebay as it may sound, saya juga harus struggled keluar dari post partum depression. Ketika masa itu, tanyalah saya tentang menjadi ibu atau tentang Rania, maka saya akan langsung burst into tears. Di otak saya tahu,, ini ngga bener. Get over it. Tapi prakteknya susah. Salah satu upaya saya keluar dari rasa tertekan ini adalah… shopping. Mulai memperhatikan penampilan. So I bought Leija’s make up sale. And I bought a nice diaper bag =) sebelumnya saya bawa diaper backpack (masih ada tuh di foto). It kinda work. A little =)
 
 
xoxo
 
JJ

16 comments:

Anonymous said...

Hai iyut, gw silent reader udah lama nih, sekarang gatel mau komen..
Nyembah deh gw kalo baca perjuangan mu demi ASI ini, mudah-mudahan banyak yang baca dan terinspirasi dari perjuangan lu ini ya.
Terimakasih udah ditulis disini, gw yang gak banyak drama menyusui aja kadang capek dan rasa nelangsa apalagi yang banyak dramanya.
Salut juga buat pak bos nya karena sudah ngizinin bawa anak ke kantor.
Terakhir kiss-kiss buat rania cantik, semoga sehat selalu yaa kalian berdua.

JJ said...

Hallo Etty *barusan berkunjung =)

aamien. Syukur kalau bisa bermanfaat. ini akhirnya ditaroh di blog mostly karena sebagai pengingat, gw pernah sampai di titik kayak gini. Hehe.

iya, sungguh2 bersyukur atas keputusan beliau. I'm just lucky i guess

aaamin. thanks, nanti disampaikan ke Rania. Salam juga untuk keluarga ya..

Pitta said...

Salam kenal iyut :)

Ngga ngerti lagi harus komen gimana deh, 100 jempol kaki dan tangan deh bener-bener..

Hebat banget ih perjuangan kasih ASIX-nya.. moga-moga aku bisa menjadi sepertimu pas anak kedua nanti.. Tapi moga-moga jangan seberat ini donk cobaannya *cemen*

Thousand kisses untuk rania dan ibunya.. sehat selalu dan happy terus ya.. :)

JJ said...

salam kenal juga pitta

jangan.. jangan kayak gue... yang lancar lancar aja =)

thanks ya... salam buat keluarga ya =)

Riska said...

hai Iyut, good job on the "memperhatikan penampilan kembali", you look great! :)
gue baru baca sampai bagian ini, tapi rasanya udah terharuuu banget dan pengen nangis berember-ember. gue kagum banget sama perjuanganlo, semoga bisa menginspirasi banyak ibu lain yang sedang struggle menyusui.

titip peluk untuk Rania ya :)

JJ said...

halo Riska.

Peluk buat Rania sudah disampaikan =)
Thank you for the compliment ya..

every mother has their own story dalam berjuang beri ASI. Dan seneng banget kalau bisa kasih support =)

Anonymous said...

Wah Mbak, salut banget untuk semua effortnya dan support dari suami dan kantornya. Semoga lancar terus ya, dan semoga saya selalu ingat cerita mbak nanti kalau sudah beranak ya... :) SEMANGAT!

JJ said...

halaww calon penganten bestimitationofmyself =) aaamiiien. Thanks ya.
Lancar2 juga persiapan nikahnya yaaaa

Gemma said...

Hai Iyut, tergiring kesini dari blog lela nih..

Gila, merinding bgt liat perjuangannya. Mungkin karna agak mirip dengan cerita gue, tapi gue pasti ngga seberani itu, hahaha..

Dulu gue sempet cuti kuliah setaun demi asi, trus juga sempet nemu benjolan yg sakit, cuma karna gerak cepet ternyata ngga parah kistanya dan bisa disembuhin pake obat. Terpaksa selama 2 minggu nyusuin pake 1 payudara, hehe.. Untungnya anak udah 1.5th saat itu.

Faktor dukungan suami ngaruh banget sih menurut gue, ngeliat cerita lo jadi makin yakin kalo lo pasti berhasil karna dukungan suaminya oke banget..

Oya, jatah nyusu Rania jangan ada kadaluarsanya aja, se-enggakmaunya dia.. Mengingat perjuangannya yg juga luar biasa bgttt.. (Kok gue yg jd ogah rugi)

Waktu itu gue jg sering dikomenin sodara sih, anak udah bisa ngomong kok masih nyusuin, tapi akhirnya si bocah lepas sukarela umur 2th9bln. *elap keringet*

Sehat-sehat selalu yaa :)

JJ said...

Halo gemma..

hla gue pun tau blogmu dari leija =)

a a a apaa.... yardan 1,5 tahun, kamu ada kista? Huff.. syukurlah sudah berlalu.

Iya. Dukungan suami. Tapi kadang laki eike berlagak Rambo sih di depan. Tapi taunya di belakang ngomong ke kakak "aku ga tega liat iyut kesulitan gitu" hohoho. Men! Okay2. Noted on weaning. tengkiuuw much tipsnya ya =)

sama2. Sehat2 ya sekeluarga. Daaan saya pollow twitternya ya kakaaa ;)

Unknown said...

Bunda...salam kenal dari saya
Saya membawa bayi saya (sekarang 4 bln) setiap hari ke kantor.Alhamdulillaah diijinkan oleh atasan daiperbolehkan menempati ruangan kosong yang memang belum terpakai, sehingga saya bebas menyusui setiap saat. Saya terharu sekali baca tulisan Bunda. Saya merasa ternyata bukan saya saja orang "aneh" di dunia ini....karena di kantor saya, baru saya saja yg berlaku "aneh" seperti ini....saya semakin semangat untuk bisa menyusui di kantor sampai bayi saya 6 bulan nanti, dan ingin tetap bisa menyusui sampai bayi saya 2 tahun. Terimakasih tulisannya memberi motivasi tersendiri untuk saya....salam sayang buat Rania yang cantik dan pintar

Unknown said...

ijin share di FB saya ya?

JJ said...

Halo Anggun..
group hug sesama orang "aneh". Hehe. Selamat menyusui. semoga anaknya selalu sehat ya..
Silakan saja kalau mau share.
best regards

e-rain said...

Hai iyut.. Very inspiring.. Saya pengen nangis bacanya.. Luar biasa.. saya juga punya bayi yang dianggap bb nya kurang.. Lg cari2 review mengenai dr asri, ada blog ini.. Sangat2 menginspirasi dan saya jg smangat.. Dgn niat baik tekad baik usaha dan pasrah Insya Allah pasti diberikan jalan ya.. Doakan saya jg bisa berhasil ya mbak iyut - chacha

Unknown said...

Hai bu, maaf mau tanya. Jadi setelah insisi itu dengan dr. Asti apakah Rania ada keluhan berkelanjutan atau sudah langsung baik sampai saat ini?
Krn bayi saya BB nya juga kurang, dan PD istri saya suka sakit jika menyusui

JJ said...

Halo. Kalo berdasarkan yang Saya dan Rania alami, Rania jauh membaik. Ga marah/sedih kelaperan. BBnya terkejar ketika jelang 1 tahun.
PD saya masih ada drama harus insisi. Hehe. Tapi all is well
Semoga perjalanan mengASIhi Bapak dan istri juga berjalan baik ya.