14.12.11

Proses Lahiran Part 1 – Kontraksi.. Oh Kontraksi Where Are You?


Dimulai sudah ongkang ongkang di rumah atau nge-mall karena sudah mulai cuti dari tanggal 27 Juni. Kemudian dari Rabu malam, 29 Juni 2011 saya tidur dengan hati riang. The husband sudah datang dari Bandung. Siap jadi suami siaga dan siap mengantar saya besoknya ke sebuah baby fair di JCC, persis bujukan saya ke Junior di postingan ini.

Namun dini harinya, sekitar jam 03.00 (obviously sudah masuk ke tanggal 30 Juni) ketika saya berasa ingin buang air kecil, saya kembali dikejutkan akan hadirnya darah yang lumayan banyak di panty liner. Harus ya... Di week 39 masih juga mengalami seperti ini?

Sekembalinya ke tempat tidur, saya bangunkan the husband yang menyarankan untuk sms obgyn saya yang lagi liburan ke eropah. Yep.... of all the dates satu tahun penuh, beliau pilih minggu ini liburan. Dokter jahaaaat *sesunggukan*. Jadilah saya tahu akan mengalami persalinan dengan dokter alternate beliau dari 2 minggu sebelumnya.

Intermezzo : padahal dari sekitaran tanggal 15 Juni, entah kenapa tekanan darah saya merangkak naik. Dari yang biasanya sekitaran 100/80 terus merangkak naik 130/100 dan sempat 150/115. Akhirnya ke obgyn X yang bukan ditunjuk sebagai alternate beliau dan diresepkan 3 jenis obat termasuk dosis kecil valium. Ketika saya lapor ke obgyn saya, nampaknya sih beliau kesal gitu.. karena beliau bukan tipe yang gampang kasih obat. Dan langsung wanti – wanti saya, next time ke obgyn yang beliau tunjuk sebagai alternate. And oh.. if you are curious (byek.. ge er!) saya cuma minum obat – obat tersebut 2 hari. Karena habis nebus obat juga the husband sekaligus beli…. Alat tensi digital! Tensi pagi dan sore. Begitu tensi  turun, stop minum obat.

Sambil menunggu balasan dari beliau, the husband minta saya kembali berbaring, sibuk numpuk numpukin bantal di kaki saya biar kedudukan kaki lebih tinggi. Soalnya saya… kembali beleleran air mata.

Jam 05.30, saya kembali ke kamar mandi untuk menemukan hal yang sama. Balasan dari obgyn pun telah saya dapatkan. Intinya agar saya menghubungi rumah sakit bersalin. Saya segera telepon ke bagian ruang bersalin dan menjelaskan situasi yang saya alami. Dan jawabannya “Ibu datang saja.. itu tanda tanda pembukaan. Nanti kita lihat, apakah hasilnya ibu harus tetap di rumah sakit atau bisa pulang”. Ya envelooope…. Gejala ini juga termasuk tanda – tanda pembukaan thoooo. Blas.. setelah tahu itu saya malah tenang.

I calmly told the husband yang malah mukanya sudah berubah tegang. “Abang.. ini tanda – tanda pembukaan. Kita disuruh ke rumah sakit. Aku mandi dulu ya.”

Tenang tenang mandi

Tenang tenang nunggu the husband selesai mandi

Tenang tenang turun ke bawah (kamar kami di lantai atas) dengan the husband bawa 2 koper buat ke rumah sakit

Tenang tenang kasih tahu warga serumah yang lagi ritual minum teh di ruang makan bahwa kami mau ke rumah sakit. Yang disambut dengan nada panik, “Ibu apa perlu ikut sekarang? Kamu kok ngga segera berangkat malah santai santai makan??”

Tenang tenang jawab di antara mengunyah “Hla.. ini sudah ketauan pembukaan kenapa panik. Kan katanya kalau sudah deket lahiran kontraksinya semakin mepet. Hla ini ngga berasa apa - apa” *sotoy abis.. mohon jangan ditiru*

Tenang tenang menikmati sarapan. Sementara the husband sibuk buka cover mobil, masukin koper ke mobil, manasin mobil.

“berangkat yuk”, kata saya sekitar jam 08.00

Cus.. jalanan lancar. Setengah jam kemudian sudah sampai di rumkit. Kemudian saya ditensi, dites detak jantung kandungan, dan melihat pembukaan (bentji akuuu...bentji diukur ukur jleb pake jari ituuu) dan menanti hasilnya. Dan jreeeng... hasilnya saya sudah tidak diperbolehkan pulang. Karena sudah pembukaan 2. Pembukaan 2? Kok ngga kerasa apa – apa? 2 down 8 to go niiih..

Jadilah saya ditinggal the husband yang urus administrasi persalinan dan rawat inap. Dan saya?? Makan lagiii... dianter porsi makan pagi rumkit. Nyam..

Kemudian suster kepala saat itu visit lagi. Beliau tanya, ”sudah tahu kan obgyn-nya akan pakai obgyn alternate?” mau dengan siapa dengan dokter Gatot atau dokter Hasrul?”

Hla..karena tidak tahu, ya cup acap acup aja jawabnya ”dokter Gatot”. Namun apa daya dokter tersebut ternyata lagi di rumkit lain sampai malam. Hla..kalau saya lahiran sore apa kabaaar... Yo wis lah.. dengan dokter Hasrul. Saya percaya, dokter siapapun yang ditunjuk dokter utama saya pasti visinya sama.. mengutamakan lahiran normal.

Kemudian suster tersebut mengatakan akan memantau tensi saya setiap 1 jam. Karena kok lumayan tinggi (140/100 –an). Jadilah saya berbaring dengan alat yang bisa rekam tensi.

Selama semua itu, saya sungguh tidak merasakan apa pun yang ngilu lah, nyeri lah, sakit lah. Hanya mules sedikit yang tolerable kayak mau pup. Sipil.

Oh iya... setelah pemeriksaan awal, saya disuntik semacam cairan ke lubang p*nt*t yang mebuat saya sukses terbirit – birit ke kamar mandi untuk pup 5 menit kemudian. Rupanya itu merupakan prosedur standar untuk mengeluarkan isi perut. Dari pada keluar pas di lahiran. Yang dari saya baca, ada lho yang kejadian! Bersamaan dengan lahiran, brojol juga dari lubang di belakang.

Tenang tenang lagi berbaring di tempat tidur. The husband tanya bagaimana rasanya. Saya jawab rasanya baik baik saja. Malah minta tolong beliin dendeng batokok di rumah makan nasi kapau buat makan siang. Hehehe.

Tenang – tenang ngobrol dengan suster yang cek tensi saya ”suster.. banyak nyamuk deh”. Si suster dengan gokilnya jawab ”haduh... ruang ini yaaa.. disapu dipel 3 kali sehari, disemprot *nyebutin merk dagang penyemprot nyamuk*, yang ada bukan nyamuk mati tapi susternya pada mabok”. Ahahahahaha. Tapi si suster kembali serius. Rupanya tensi saya tetap tinggi. ”saya ambil darah buat tes protein ya, takutnya kok kamu pre eklampsia” , kata suster.

Mak! Sungguh sedikit yang saya tahu tentang pre eklampsia. Intinya sih sangat riskan lahiran normal, pasti diberi opini untuk cesar.  Mulai agak resah.

Kemudian jatah makan siang datang. Ahay.. makan dulu deh. Belum dibeliin dendeng batokok, soalnya nunggu Ibu saya datang. The husband refused to leave me alone.. zzz

Tapi untung juga sih the husband menemani. Karena saya kok bolak balik mules  kayak pengen pup, jadi bolak balik ke belakang. Jadi paling sih capeknya karena turun tempat tidur – jalan  ke toilet – balik lagi dan berkali kali.. dengan perut yang guendut dan napas ngos ngosan.

Ibu datang sekitar pukul 12.00 bersama dengan kakak  saya yang pertama dan si ponakan ketjil Kayla. The husband langsung pergi untuk membeli pesanan. Dan kembali membawa.. rendang. Dendeng batokoknya lagi ngga buat. Yaaa...

Jadilah sampai jam 16.00 intinya saya cuma numpang makan, ngobrol, bobok, pup. Akhirnya minta tolong suster cek bukaan lagi. Yang ternyata sudah bukaan... 2!!! Astaga! 8 jam dan belum nambah pembukaan???

Tapi sempet mikir. Ah.. kalau mulesnya gini – gini sih ketahan lah sampai lahiran. Overated banget kali ya kalau ibuk ibuk nyeritain proses lahiran. Semoga lahiran saya semudah seperti Ibu melahirkan kakak saya yang pertama.

the story : ledekan internal keluarga adalah kakak pertama saya ngga boleh ngaku lahir di rumkit. Hla wong tepat di parkiran, masih di mobil, ibu saya sudah lahiran! agak horor yaa.. tapi proses mules sd lahiran sebentar banget. Hidup suku pinggul besar!

Tapi ngomong – ngomong, kapan nambah bukaannya? Kapan dokternya datang?

Cubikontinyu

Ps. Untung hasil tes darahnya negatif untuk protein

xoxo

JJ

xoxo

No comments: