28.12.11

Lesson Learned!

”Sebelum Maghribh sampai menjelang Isya ngga boleh keluar rumah ya!”

Pernah denger yang seperti ini? Biasanya sih keluarga wong Jowo pasti ada petuah seperti ini. Eh... keluarga the husband yang wong Kito juga tahu, ketang. *sungguh tidak bermaksud sukuisme..

Pas Rania pulang pertama dari rumkit, saya juga langsung diwanti – wanti ibu untuk menggendong Rania sebelum dan selama Maghribh. Habis.. percaya ngga percaya, memang bayi ada ”kemampuan” untuk bisa melihat hal ghoib.

Untung saya sama the husband entengan (pengeeeen banget arti entengan disini adalah berat badan kami -curcol- ). Maksudnya, selama hal itu ringan ringan saja dijalankan, why not sih ya....

Anyway, ini juga cerita dari weekend di Bandung kemarin. Di hari Sabtu siang tiba di Bandung, lanjut leyeh – leyeh di rumah Nenek setelah Rania mandi sore, lanjut nonton Junior Master Cecep Ostrali, lil boss alias Rania menunjukkan tanda tanda bosan (baca : minta digendong sambil jalan – jalan. Ngga boleh duduk).

Jadilah Rania digendong saya, karena the husband bilang “Yuk yuk.. cari angin di teras” sambil lead the way.

Baru saja sampai di depan teras, the husband lihat jam dan kaget “hloo.. ini belum Maghribh ya. Kirain sudah jam tujuh. Yuk yuk.. masuk lagi” sambil meraih Rania, gantian menggendong. Passs banget buka pintu kembali ke dalam rumah, terdengarlah adzan Magribh.

“Ab, mumpung kamu gendong Rania, aku pipis dulu ya” sambil ngeloyor ke kamar mandi. By the time juga saya sudah dengar Rania mulai nangis. Makin keras ketika saya di kamar mandi. Tapi mikir, duilee.. lebay banget nak. Sabar yaaa (kirain mau nyusu).

Keluar kamar mandi, saya langsung berjalan cepat ke the husband yang masih gendong Rania. Langsung saya raih, duduk di sofa terdekat dan buka “toko”. Tapi Rania tidak mau melekat. Malah nangisnya makin menjerit.

Saya masih belum berpikir macam – macam. Masih dengan suara membujuk, “Oh.. maunya nyusu lay down position.. yuk yuk.. ke kamar. Ngantuk ya, nak”

Sampai di kamar, saya berbaring, Rania berbaring. Tetap tidak mau melekat. Makin nangis jerit jerit yang lidahnya sampai menekuk menyentuh langit langit. Telapak tangannya membuka ke atas di samping telinga dan matanya membelalak ketakutan.

Oke.. saya dan the husband berusaha tidak panik. Saya tarik nafas dan coba eliminir satu satu. Apakah digigit serangga? Saya buka keseluruhan pakaian Rania. Periksa dengan teliti dari ujung jari kaki sampai ubun ubun. Tidak ada tanda – tanda bentol.

Oke.. apakah kolik atau radang? Dua uwak Rania yang dokter datang. Satu sudah siap dengan stetoskop, satu ngecek suhu badan. Tapi ternyata tidak kolik. Selain keringat yang sangat banyak, Rania seemed okay secara fisik. Tapi toh tetap saya lakukan gerakan kaki gowes.

Kemudian saya pakaikan lagi pakaian Rania tapi tidak dikancing. Saya gendong di dada, sambil berusaha menenangkan. Rania tenang 2 detik, kemudian nangis menjerit lagi. It was right there, the husband bilang ”Yut.. ayo ke kamar depan. Temenin aku sholat Maghribh dulu” then I realized, kayaknya ada yang ’gangguin’ Rania.

Sementara the husband sholat, i stood next to him, menggendong Rania sambil baca Al Fatihah. Rania nangis lebih keras. Ayahnya selesai sholat baca ayat Kursi. Makin keras lagi. Kurang ajar banget nih makhluk.

Kemudian pintu dibuka, ibu (mertua) masuk “Sudah lah.. kamu bawa saja ke rumah sakit”. Saya bingung. Karena tahu masalahnya bukan fisik. The husband menanggapi setengah hati dan sibuk sms. I knew the husband sms temannya yang ’bisa bantu’.

Tapi demi menghindari interverensi lebih jauh, the husband bilang ”Iya. Kita ke rumah sakit. Aku ambil dompet dan jaket dulu di rumah. Sal (nama kakaknya), tolong kamu setirin ya”

Sambil menunggu the husband, saya berjalan jalan ke berbagai ruang di rumah. Siapa tahu ada ruangan yang ’aman’ buat Rania. Sempat agak berhenti, tapi nangis ketakutan lagi.

It was right there, saya EMOSI BERAT!! Di tengah tengah dapur saya teriak, “EH!! SETAN SIALAAAAN. PERGI KAMU!! RANIA MAU LIBURAN. JANGAN GANGGU!!! PERGI KAMU. PERGIII”

Rania berkurang nangisnya. At least tidak jerit – jerit lagi.

Kemudian, saya pakaikan jaket ke Rania sementara saya masih pakai pakaian seadanya. Kemeja masih yang dari pagi berangkat dari Jakarta, kulot buluk punya the husband. Berjalanlah saya ke mobil.

Rania masih nangis – nangis. Saya bujuk bujuk, ”Ayo, nak.. pergi dulu yuk. Di mobil nyusu ya..” masuklah saya ke mobil, the husband di samping saya sementara kakak ipar yang menyetir.  Tutup pintu, dan Rania menyusu!

Tangan kanannya mencengkeram tepian kemeja saya, tapi dia menyusu. Alhamdulillah. Baru saja selesai atret mobil, Rania sudah tertidur!

”Ayah.. Rania tidur”, saya lapor ke the husband yang lagi liat sms sekilas. Dan kemudian menyorongkan layar handphone ke saya, sementara dia lihat Rania.

Isi sms itu kurang lebih ”iya.. tadi pas masuk ke rumah, ada ’yang lewat’ dan Rania ditempelin. Sekarang sudah engga kok”.

Saya langsung lega. Kami tetap melanjutkan perjalanan, dengan the husband wanti wanti, ”Sal, nyetirnya pelan pelan aja. Ini Rania sudah tenang.”

The husband pun tanya, ”ini mau tetap dilanjutkan ke rumkit?” yang saya jawab, ”we know that’s not the problem. Untuk aku,  yang penting Rania sudah tenang dan mau nyusu.”

Jadilah kami berempat menyetir pelan pelan selama nyaris sejam. Sebenernya just to release our tension ya...

Kejadian itu ‘hanya’ berlangsung selama setengah jam. Tapi energi yang terkuras.... luar biasa.


Yes we learned. We learned it the hard way.


xoxo

jj

2 comments:

Indah said...

kalo boleh nambahin nih mba atau mungkin mba iyut jg udah tau?karna yg ini kejadian di aku..
kata orang tua kalo abis dari mana2 sendiri maksutnya gak sama si baby nanti kalo pulang PD nya dicuci dulu/dibasuh dulu, cuci muka dulu, baru nyusuin si baby krn katanya tkt ada yg "nempel"
dan ini bener loh kejadian yaa percaya gak percaya wkt itu aku krn udh begah dirumah abis lahiran gak kmana2 akhirnya pas baby udh 1 bln aku keluar sekitar jam 7 (malem)kurang dan pulang sekitar jam 9 malem krn aku gak tau dan mamah jg lupa bilang, jadilah sampe rmh krn baby satya udh nangis lsng aku susuin tanpa bersih2 dulu dan diapun langsung tidur, tapiii besoknya yaa ampuunn ngamuuk sejadi jadinya, nangis jerit jerit gak karuan, gak mau nyusu, digendong nangis ditaro lebih nangis, akupun nangis krn bingung gak tau mesti apa smntara gak ada org dirumah cuma sama suami yang sama2 gak ngerti hehehhe, pas mamah pulang akhirnya manggil nenek2 yg biasa urut bayi dan emg bisa "nyembur" si nenek pertama kali dateng langsung bilang "waah ini sih dari mamahnya niih ketempelannya nih"
duuhh jadi brasaaa bersalaah banget wktu itu, hal2 yg kaya gitu yg kadang suka kita sepelein tapi ternyata emg bener adanya..
*curiga ini comment/postingan cerita sik?*

JJ said...

whewww.. noted. noted. tengkiuw sharing-nya yaa.

sejauh ini sih pisah dari Rania kalau ke kantor aja. dimana sampe rumah memang mandi dulu sebelum megang Rania