9.11.10

Infeksi Saluran Kencing

Few words mungkin sangat biologi. Yah.. ini kan atas nama sharing pengetahuan

I recently met one of my besties. She’s expecting her 1st baby… er.. 8 months pregnant.
Anyho, dia cerita kalau sekarang dia suka pipis terus. Mungkin dalam 1 jam bisa 7-8 kali.
Saya refleks bilang, “Darl, hati hati. Yang rajin ganti underwear, takutnya infeksi karena lembab.”
Iya, thank you diingetin, katanya.

Selang 5 hari ( !!! ), dia telp bahwa dia dirawat di rumkit karena kena infeksi saluran kencing
Singkat cerita, saya dulu pernah mengalami ketika masih SMP. Dan anehnya, dia tidak mengalami gejala yang saya alami : demam dan kadang ngilu di daerah “situ”. Poor her harus minum antibiotik untuk mengobatinya. Semoga nanti saya hamil sampai melahirkan dikaruniai sehat 100%. Aaamiiien.

Kembali ke topik, saya cuma mau sharing kata – kata dokter yang sampai saat ini saya patuhi, dan syukur alhamdulillah sampai saat ini tidak pernah terulang lagi penyakit tersebut.

Biasakan hidup bersih. Ganti celana dalam jika lembab. Sebenernya lebih baik dengan yang bahan katun. But my lunatic obsession of wearing a matching underwear itches me to do so. Ganti panty liner tiap kali pipis (jika terbiasa pakai panty liner). Dan ingat : cebok dari arah depan ke belakang. Jadi secara berurutan : dari lubang saluran kencing, vagina, dubur. Kalau pup ya berarti dubur ke belakang. Dan kalau bisa seka sisa air, lebih baik dengan handuk. Pilih yang baik kualitasnya, jangan yang ada “serpihan” bahan yang mudah lepas.

Mumpung masih urusan toilet, tutup toilet seat before you flushed. Do you know cipratan airnya bisa sampai 2 meter? Go figure yang dekat dekat situ apa. Handuk? Sikat gigi? Sabun? Eeewww

Kalau ke toilet umum, saya selalu either : menyeka toilet seat ke satu arah dengan tissue, atau mengalasi toilet seat dengan toilet paper (yea, I know it’s not environmental friendly. But if I can be selfish, I would be selfish about my health), atau *ini paling seneng* kalau di toilet itu sudah tersedia kertas toilet seat disposable atau cairan pembersih toilet seat.. I heart you, mall management yang melakukan ini =)

Semoga bermanfaat =)


xoxo

JJ

2 comments:

prin_theth said...

Iyut, walaupun gue juga tau sih tips2 basic mengenai toilet itu, gue selalu males ngelaksanainnya! *hik hik, tabok diri sendiri* Alhasil, dari 2006 sampe sekarang, gue udah 4x UTI alias Urinary Tract Infection ini. Terakhir sampe masuk UGD.

I'm not that jorok sih eeewww hehe, tapi gue rasa ada faktor gen krn adek gue pun separah gue.

Agak refot ya jadi wanita. Tapi krn udh mau jadi istri dan ibu (suatu hari nanti), gue akan lebih aware deh. Thanks for the tips!

JJ said...

Hey kamu minus 1 day! =)
Astajim! 4x? Ugd? Tp emang dulu gw sampe nangis2 kesakitan. Pere emang rempong yaw.
Semoga sehat terus ya *hugs*